PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN
OLAH RAGA
UPTD DIKPORA KECAMATAN MARGASARI
SEKOLAH DASAR NEGERI PRUPUK SELATAN 03
Alamat
: Jl. Raya Prupuk Selatan. Email: prupukselatannoltiga@ymail.com
Kode Pos : 52463
UPTD
DIKPORA KECAMATAN MARGASARI KAB. TEGAL
SUPERVISI
ADMINISTRASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN Prupuk Selatan 03
Nama Guru : …………………………
Pangkat, Golongan : …………………………
Guru Kelas / Mapel : ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka :
Semester / Tahun Pelajaran : …………………………
Sertifikasi Pendidik : Lulus Tahun …………..
Pelaksanaan Supervisi : …………………………
No.
|
Komponen Administrsi Pembelajaran
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kesesuaian
|
||
1
|
Program Tahunan
|
|
|
|
|
|
|
4 = Baik Sekali
|
2
|
Program Semester
|
|
|
|
|
|
|
3 = Baik
|
3
|
Silabus
|
|
|
|
|
|
|
2 = Cukup
|
4
|
RPP
|
|
|
|
|
|
|
1 = Kurang
|
5
|
Kalender Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Jadwal Tatap Muka
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Agenda Harian / RH
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Absensi Siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Daftar Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
KKM
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Rancangan Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Instrumen Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|||
Keterangan : Nilai Akhir = X 100%
Ketercapaian : 86% - 100 % = Baik Sekali
70%
- 85% = Baik
55%
- 69% = Cukup
Dibawah
55% = Kurang
TINDAK LANJUT :
Kepala Sekolah
F A T I M A H, S.Pd.SD
NIP. 19620313 198201 2 006
|
|
Prupuk Selatan, ……………..2012
Guru kelas / Mapel
( ……………………… )
NIP. ……………………
|
SUPERVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
Berdasarkan Standar Proses )
Nama Sekolah : SDN Prupuk Selatan 03
Nama Guru : …………………………
Pangkat, Golongan : …………………………
Guru Kelas / Mapel : ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka :
Semester / Tahun Pelajaran : …………………………
Sertifikasi Pendidik : Lulus Tahun …………..
Pelaksanaan Supervisi : …………………………
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Ket.
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|||
1.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Menggambarkan proses
Pembelajaran yang mengandung unsure PAIKEM
b. Menggambarkan hasil
belajar yang diharapkan
c. Menggambarkan hasil
belajar yang terukur
d. Menggambarkan Proses
pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar
e. Menggambarkan hasil
belajar yang relevan dengan kompetensi dasar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Pemilihan dan Penetapan materi ajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Materi Ajar merujuk
pada Kompetensi dasar
b. Materi Ajar memuat
fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan dengan kompetensi dasar
c. Materi ajar ditulis
dalam bentuk butir-butir yang sesuai dengan perumusan indicator pencapaian
kompetensi dasar.
d. Materi ajar ditulis
relevan dengan usia perkembangan peserta didik
e. Materi ajar ditulis relevan dengan
perkembangan pendekatan PAIKEM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pengorganisasian Materi Ajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Ditulis secara
sistematis mulai dari yang mudah ke yang sulit atau sebaliknya
b. Bobot tiap-tiap
materi ajar sesuai dengan alokasi waktu
c. Secara keseluruhan
materi ajar sesuai dengan alokasi waktu untuk rumusan indicator pencapaian
kompetensi dasar
d. Materi ajar ditulis
untuk memungkinkan peserta didik melakukan eksplorasi
e. Materi ajar ditulis
untuk memungkinkan peserta didik melakukan elaborasi dan konfirmasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Ket.
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|||
4.
|
Pemilihan Sumber/ Media Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Sumber/ media
pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
b. Sumber/ media pembelajaran
sesuai dengan materi ajar
c. Sumber/ media
pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik
d. Sumber/ media
pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran
e. Sumber/ media
pembelajaran mampu mengakomodir/ mengcover seluruh peserta didik dalam
kelasnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kejelasan dan Rincian Skenario Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Merincikan kegiatan
pendahuluan yang ditujukan untuk memotivasi dan memfokuskan perhatian peserta
didik untuk mengikuti proses pembelajaran
b. Rumusan Proses pembelaaran
eksplorasi sesuai dengan metode yang ditetapkan
c. Rumusan proses
pembelajaran elaborasi sesuai metode yang ditetapkan
d. Rumusan pembelajaran
konfirmasi sesuai dengan metode yang ditetapkan
e. Merincikan kegiatan
penutup yang ditujukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pemilihan teknik dan perumusan penilaian hasil
belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Teknik Penilaian
relevan dengan pencapaian indicator kompetensi dasar
b. Rumusan Penilaian
belajar relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan
c. Rumusan penilaian
memenuhi persyaratan substansi (mempresentasikan KD yang dinilai)
d. Rumusan penilaian
memenuhi persyaratan konstruksi (teknis sesuai bentuk instrument)
e. Rumusan Penilaian
memenuhi persyaratan bahasa (baik,benar dan komunikatif)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Kegiatan,
Instrumen Penialaian
a. Ada Instrumen
penilaian proses
b. Ada soal-soal tes
hasil belajar
c. Ada kunci jawaban
untuk tes hasil belajar
d. Ada pedoman
penskoran untuk penilaian proses
e. Ada prosedur,
pedoman penilaian atau criteria keberhasilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Nilai Akhir = X 100%
Ketercapaian : 86% - 100 % = Baik Sekali
70%
- 85% = Baik
55%
- 69% = Cukup
Dibawah
55% = Kurang
TINDAK LANJUT :
Kepala Sekolah
F A T I M A H, S.Pd.SD
NIP. 19620313 198201 2 006
|
|
Prupuk Selatan, ……………..2012
Guru kelas / Mapel
( ……………………… )
NIP. ……………………
|
SUPERVISI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
(
Sesuai dengan Standar Proses )
Nama Sekolah : SDN Prupuk Selatan 03
Nama Guru : …………………………
Pangkat, Golongan : …………………………
Guru Kelas / Mapel : ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka :
Semester / Tahun Pelajaran : …………………………
Sertifikasi Pendidik : Lulus Tahun …………..
Pelaksanaan Supervisi : …………………………
No.
|
Komponen Administrasi Pembelajaran
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Ket.
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
4= Baik Sekali
|
|
a. Menyiapkan peserta
didik
|
|
|
|
|
|
|
3= Baik
|
|
b. Melakukan Apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
2= Cukup
|
|
c. Menjelaskan KD dan
Tujuan yang ingin dicapai
|
|
|
|
|
|
|
1= Kurang
|
|
d. Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai Silabus/ Kesiapan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Penampilan Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Eksplorasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Melibatkan siswa
dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lainya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antara siswa serta siswa dengan guru, lingkungan dan
sumber belajar lainya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Melibatkan siswa
secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Memfasilitasi siswa
melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Elaborasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Membiaskan siswa membaca
dan menulis bergam melalui tugas tertentu yang bermakna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memfasilitasi siswa
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tulis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memberi kesempatan
untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa ada
rasa takut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Memfasilitasi siswa
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Memfasilitasi siswa
berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. Memfsilitasi siswa
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Konfirmasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Memberikan umpan balikpositif
dan Penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memberikan informasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa baku dan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Membantu
menyelesaikan masalah dalam pengecekan hasil eksplorasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Member informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Melakukan penilaian
dan/ atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan,
layanan konseling dan/ atau memberikan penugasan terstruktur (PT) dan atau
kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT) baik tugas individual mapun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|||
Keterangan : Nilai Akhir = X 100%
Ketercapaian : 86% - 100 % = Baik Sekali
70%
- 85% = Baik
55%
- 69% = Cukup
Dibawah
55% = Kurang
TINDAK LANJUT :
Kepala Sekolah
F A T I M A H, S.Pd.SD
NIP. 19620313 198201 2 006
|
|
Prupuk Selatan, ……………..2012
Guru kelas / Mapel
( ……………………… )
NIP. ……………………
|
SUPERVISI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
(
Berdasarkan Standar Proses )
Nama Sekolah : SDN Prupuk Selatan 03
Nama Guru : …………………………
Pangkat, Golongan : …………………………
Guru Kelas / Mapel : ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka :
Semester / Tahun Pelajaran : …………………………
Sertifikasi Pendidik : Lulus Tahun …………..
Pelaksanaan Supervisi : …………………………
No.
|
Komponen Penilaian Pembelajaran
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Ket.
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Ada buku nilai/
daftar nilai
|
|
|
|
|
|
|
4= Baik Sekali
|
2
|
Melakukan tes
(Penilaian KOgnitif) Ulangan Harian, Tengah Semester, UAS / UKK
|
|
|
|
|
|
|
3= Baik
|
3
|
Penugasan
Terstruktur (PT)
|
|
|
|
|
|
|
2= Cukup
|
4
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
|
|
|
|
|
|
1= Kurang
|
5
|
Melaksanakan
Penilaian Keterampilan ( Psikomotorik)
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan
penilaian afektif akhlak mulia
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan
penilaian afektif kepribadian
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Program dan
pelaksanaan remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Analisis hasil
penilaian/ Ulangan
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Bank Soal /
Instrumen Test
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|||
Keterangan : Nilai Akhir = X 100%
Ketercapaian : 86% - 100 % = Baik Sekali
70%
- 85% = Baik
55%
- 69% = Cukup
Dibawah
55% = Kurang
TINDAK LANJUT :
Kepala Sekolah
F A T I M A H, S.Pd.SD
NIP. 19620313 198201 2 006
|
|
Prupuk Selatan, ……………..2012
Guru kelas / Mapel
( ……………………… )
NIP. ……………………
|
ijin kopas Gan. Suwun
BalasHapus