Kamis, 27 Desember 2012

CONTOH FORMAT SUPERVISI 2011


Kabupaten               PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
                       DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA              
                    UPTD DIKPORA KECAMATAN MARGASARI

                     SEKOLAH DASAR NEGERI PRUPUK SELATAN 03

               
Alamat : Jl. Raya Prupuk Selatan. Email: prupukselatannoltiga@ymail.com Kode Pos : 52463













INSTRUMEN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
GURU KELAS / MAPEL
Th. PELAJARAN 2011 / 2012
 
















































UPTD DIKPORA KECAMATAN MARGASARI KAB. TEGAL




SUPERVISI ADMINISTRASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                      :    SDN Prupuk Selatan 03
Nama Guru                                           :    …………………………
Pangkat, Golongan                               :    …………………………
Guru Kelas / Mapel                              :    ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka :
Semester / Tahun Pelajaran                   :    …………………………
Sertifikasi Pendidik                              :    Lulus Tahun …………..
Pelaksanaan Supervisi                          :    …………………………

No.
Komponen Administrsi Pembelajaran
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan
Ya
Tidak
4
3
2
1
Kesesuaian
1
Program Tahunan






4 = Baik Sekali
2
Program Semester






3 = Baik
3
Silabus






2 = Cukup
4
RPP






1 = Kurang
5
Kalender Pendidikan







6
Jadwal Tatap Muka







7
Agenda Harian / RH







8
Absensi Siswa







9
Daftar Nilai







10
KKM







11
Rancangan Penilaian







12
Instrumen Penilaian








Jumlah Skor











Skor Perolehan
Skor Maksimal (48)
 


NILAI AKHIR
 

 
Keterangan          :    Nilai Akhir =                                        X 100%

Ketercapaian       :    86% - 100 %        =   Baik Sekali
                                 70% - 85%           =   Baik
                                 55% - 69%           =   Cukup
                                 Dibawah 55%      =   Kurang


TINDAK LANJUT :


 









Kepala Sekolah





F A T I M A H, S.Pd.SD
NIP. 19620313 198201 2 006

Prupuk Selatan, ……………..2012
Guru kelas / Mapel





( ……………………… )
NIP. ……………………






SUPERVISI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( Berdasarkan Standar Proses )

Nama Sekolah                                      :    SDN Prupuk Selatan 03
Nama Guru                                           :    …………………………
Pangkat, Golongan                               :    …………………………
Guru Kelas / Mapel                              :    ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka :
Semester / Tahun Pelajaran                   :    …………………………
Sertifikasi Pendidik                              :    Lulus Tahun …………..
Pelaksanaan Supervisi                          :    …………………………

No.
Aspek yang dinilai
Kondisi
Skor Nilai
Ket.
Ya
Tidak
5
4
3
2
1
0
1.
Perumusan Tujuan Pembelajaran











a.     Menggambarkan proses Pembelajaran yang mengandung unsure PAIKEM
b.     Menggambarkan hasil belajar yang diharapkan
c.     Menggambarkan hasil belajar yang terukur
d.     Menggambarkan Proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar
e.     Menggambarkan hasil belajar yang relevan dengan kompetensi dasar




















2.
Pemilihan dan Penetapan materi ajar









a.     Materi Ajar merujuk pada Kompetensi dasar
b.     Materi Ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan dengan kompetensi dasar
c.     Materi ajar ditulis dalam bentuk butir-butir yang sesuai dengan perumusan indicator pencapaian kompetensi dasar.
d.     Materi ajar ditulis relevan dengan usia perkembangan peserta didik
e.      Materi ajar ditulis relevan dengan perkembangan pendekatan PAIKEM




















3.
Pengorganisasian Materi Ajar









a.     Ditulis secara sistematis mulai dari yang mudah ke yang sulit atau sebaliknya
b.     Bobot tiap-tiap materi ajar sesuai dengan alokasi waktu
c.     Secara keseluruhan materi ajar sesuai dengan alokasi waktu untuk rumusan indicator pencapaian kompetensi dasar
d.     Materi ajar ditulis untuk memungkinkan peserta didik melakukan eksplorasi
e.     Materi ajar ditulis untuk memungkinkan peserta didik melakukan elaborasi dan konfirmasi





















No.
Aspek yang dinilai
Kondisi
Skor Nilai
Ket.
Ya
Tidak
5
4
3
2
1
0
4.
Pemilihan Sumber/ Media Pembelajaran











a.     Sumber/ media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.     Sumber/ media pembelajaran sesuai dengan materi ajar
c.     Sumber/ media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik
d.     Sumber/ media pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran
e.     Sumber/ media pembelajaran mampu mengakomodir/ mengcover seluruh peserta didik dalam kelasnya




















5.
Kejelasan dan Rincian Skenario Pembelajaran









a.     Merincikan kegiatan pendahuluan yang ditujukan untuk memotivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
b.     Rumusan Proses pembelaaran eksplorasi sesuai dengan metode yang ditetapkan
c.     Rumusan proses pembelajaran elaborasi sesuai metode yang ditetapkan
d.     Rumusan pembelajaran konfirmasi sesuai dengan metode yang ditetapkan
e.     Merincikan kegiatan penutup yang ditujukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran




















3.
Pemilihan teknik dan perumusan penilaian hasil belajar









a.     Teknik Penilaian relevan dengan pencapaian indicator kompetensi dasar
b.     Rumusan Penilaian belajar relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan
c.     Rumusan penilaian memenuhi persyaratan substansi (mempresentasikan KD yang dinilai)
d.     Rumusan penilaian memenuhi persyaratan konstruksi (teknis sesuai bentuk instrument)
e.     Rumusan Penilaian memenuhi persyaratan bahasa (baik,benar dan komunikatif)









7.
Kegiatan, Instrumen Penialaian
a.     Ada Instrumen penilaian proses
b.     Ada soal-soal tes hasil belajar
c.     Ada kunci jawaban untuk tes hasil belajar
d.     Ada pedoman penskoran untuk penilaian proses
e.     Ada prosedur, pedoman penilaian atau criteria keberhasilan










Jumlah Skor







NILAI AKHIR
 
Skor Perolehan
Skor Maksimal (48)
 
Keterangan          :    Nilai Akhir =                                        X 100%

Ketercapaian       :    86% - 100 %        =   Baik Sekali
                                 70% - 85%           =   Baik
                                 55% - 69%           =   Cukup
                                 Dibawah 55%      =   Kurang


TINDAK LANJUT :


 









Kepala Sekolah





F A T I M A H, S.Pd.SD
NIP. 19620313 198201 2 006

Prupuk Selatan, ……………..2012
Guru kelas / Mapel





( ……………………… )
NIP. ……………………

































SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
( Sesuai dengan Standar Proses )

Nama Sekolah                                      :    SDN Prupuk Selatan 03
Nama Guru                                           :    …………………………
Pangkat, Golongan                               :    …………………………
Guru Kelas / Mapel                              :    ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka :
Semester / Tahun Pelajaran                   :    …………………………
Sertifikasi Pendidik                              :    Lulus Tahun …………..
Pelaksanaan Supervisi                          :    …………………………

No.
Komponen Administrasi Pembelajaran
Kondisi
Skor Nilai
Ket.
Ya
Tidak
4
3
2
1
1.
Kegiatan Pendahuluan







4= Baik Sekali

a.   Menyiapkan peserta didik






3= Baik

b.   Melakukan Apersepsi






2= Cukup

c.   Menjelaskan KD dan Tujuan yang ingin dicapai






1= Kurang

d.   Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai Silabus/ Kesiapan bahan ajar








e.   Penampilan Guru







2.
Kegiatan Inti Pembelajaran








a.     Eksplorasi








1.      Melibatkan siswa dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru








2.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lainya








3.    Memfasilitasi terjadinya interaksi antara siswa serta siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainya








4.    Melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran








5.    Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan








b.     Elaborasi








1.    Membiaskan siswa membaca dan menulis bergam melalui tugas tertentu yang bermakna








2.    Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulis








3.    Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa ada rasa takut








4.    Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif








5.    Memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar








6.    Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok







7.    Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok








8.    Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan








9.    Memfsilitasi siswa peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik








c.    Konfirmasi








1.    Memberikan umpan balikpositif dan Penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik








2.    Memberikan informasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber








3.    Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.








4.    Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa baku dan benar








5.    Membantu menyelesaikan masalah dalam pengecekan hasil eksplorasi








6.    Member informasi untuk bereksplorasi lebih jauh








7.    Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif







3
Penutup








a.     Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran








b.     Melakukan penilaian dan/ atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram








c.     Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran








d.     Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberikan penugasan terstruktur (PT) dan atau kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT) baik tugas individual mapun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik








e.     Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya








Jumlah Skor















Skor Perolehan
Skor Maksimal (48)
 


NILAI AKHIR
 

 
Keterangan          :    Nilai Akhir =                                        X 100%

Ketercapaian       :    86% - 100 %        =   Baik Sekali
                                 70% - 85%           =   Baik
                                 55% - 69%           =   Cukup
                                 Dibawah 55%      =   Kurang


TINDAK LANJUT :


 









Kepala Sekolah





F A T I M A H, S.Pd.SD
NIP. 19620313 198201 2 006

Prupuk Selatan, ……………..2012
Guru kelas / Mapel





( ……………………… )
NIP. ……………………

































SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
( Berdasarkan Standar Proses )

Nama Sekolah                                      :    SDN Prupuk Selatan 03
Nama Guru                                           :    …………………………
Pangkat, Golongan                               :    …………………………
Guru Kelas / Mapel                              :    ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka :
Semester / Tahun Pelajaran                   :    …………………………
Sertifikasi Pendidik                              :    Lulus Tahun …………..
Pelaksanaan Supervisi                          :    …………………………

No.
Komponen Penilaian Pembelajaran
Kondisi
Skor Nilai
Ket.
Ya
Tidak
4
3
2
1
1
Ada buku nilai/ daftar nilai






4= Baik Sekali
2
Melakukan tes (Penilaian KOgnitif) Ulangan Harian, Tengah Semester, UAS / UKK






3= Baik
3
Penugasan Terstruktur (PT)






2= Cukup
4
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)






1= Kurang
5
Melaksanakan Penilaian Keterampilan ( Psikomotorik)







6
Melaksanakan penilaian afektif akhlak mulia







7
Melaksanakan penilaian afektif kepribadian







8
Program dan pelaksanaan remedial







9
Analisis hasil penilaian/ Ulangan







10
Bank Soal / Instrumen Test













Skor Perolehan
Skor Maksimal (48)
 


NILAI AKHIR
 

 
Keterangan          :    Nilai Akhir =                                        X 100%

Ketercapaian       :    86% - 100 %        =   Baik Sekali
                                 70% - 85%           =   Baik
                                 55% - 69%           =   Cukup
                                 Dibawah 55%      =   Kurang


TINDAK LANJUT :


 









Kepala Sekolah





F A T I M A H, S.Pd.SD
NIP. 19620313 198201 2 006

Prupuk Selatan, ……………..2012
Guru kelas / Mapel





( ……………………… )
NIP. ……………………

1 komentar: