Kamis, 27 Desember 2012

RTL KMD 2012


KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR
KWARTIR CABANG 11.28 TEGAL TAHUN 2012



RENCANA TINDAK LANJUT
( RTL )


Nama Lengkap          :    BAYU PERMADI
Kwarran                       :    16. MARGASARI


I.        ANALISIS SWOT

          1.      Potensi yang dimiliki

                                      Pangkalan yang beralamat di Jl. Raya Prupuk Selatan – Kec. Margasari ini, memiliki letak strategis dekat dengan jalan raya serta memiliki akses yang mudah dan terjangkau. Halaman yang cukup luas, dan sudah di paving sehingga nyaman untuk diadakan latihan di alam terbuka. Untuk susunan dan penataan bangunan sekolah teratur dan sistematis. Dari segi estetika juga tidak kalah penting dengan di dukung pepohonan dan bunga-bunga di sekeliling halaman sehingga menimbulkan kesan indah, nyaman dan asri. Untuk hal kebersihan, sudah disiapkan tempat pembuangan sampah dan hal yang mendukung lagi adalah respon masyarakat terhadap kegiatan di pangkalan SDN Prupuk Selatan 03 sangat baik dan antusias.


          2.      Hambatan yang ada
         
                                      Rawe-rawe rantas, malang-malang putung. itulah sekelumit ungkapan yang menggambarkan bagaimana segala sesuatu yang jika dikerjakan bersama akan jauh lebih baik. Karena setiap pemikiran yang satu tidaklah sama, dengan yang lainnya. Saling mengkapi dan perlu adanya sumbangsih yang ikhlas dan bertanggung jawab. Mungkin kurang tepat jika kita terapkan dalam urusan pribadi atau golongan tertentu tanpa adanya masukan-masukan yang membangun. Hal inilah yang menjadi tumpuan dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan di pangkalan SDN Prupuk Selatan 03, komitmen tenaga pengajar / pembina belum menunjukan respon dan fokus terhadap tanggung jawabnya dan keleluasaan yang diberikan oleh ka. Mabigus dipergunakan seenaknya. Hal ini terlihat ketika ada latihan kepramukaan dalam melatih anak-anak pramuka selalu di serahkan hanya kepada salah satu atau dua kakak pembina saja. Beberapa diantaranya selalu memberikan berbagai macam alasan karena suatu dan lain hal. Sehingga jaringan yang telah terbangun sebelumnya tidak maksimal dengan apa yang menjadi tujuan dan harapan.

          3.      Dukungan yang memungkinkan

                                      Teriring berjalannya waktu dan kebutuhan serta perkembangan ilmu pengetahuan yang kian terus berkembang, dewasa ini kita selaku kakak-kakak pembina dengan dorongan dari Ka. Mabigus dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan imajinatif dalam memberikan suapan ilmu pengetahuan. Meski ada beberapa kendala, janganlah menjadi beban untuk terus membangun bersama. Di tambah dukungan masyarakat serta semangat yang dimiliki peserta didik cukuplah sebagai modal awal untuk kita melangkah kedepan sehingga kegiatan kepramukaan dapat berjalan terstruktur, tertata dan terarah sesuai harapan serta tujuan Gerakan Pramuka. Dan yang perlu dikembangkan pula yaitu tentang pengalokasian dana yang representatif dan jujur dari Bantuan Opersional Sekolah ( BOS) dalam pengadministrasian itu tertata sehingga tidak ada yang merasa rugi atau dirugikan, sehingga kakak-kakak pembina yang ditunjuk oleh Ka. Mabigus dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya.


II.       Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) yang akan dilaksanakan
Kepramukaan adalah salah satu pendidikan luar sekolah, yang bertujuan untuk mempersiapkan anggotanya sebagai manusia penerus cita-cita perjuangan pembangunan bangsa, yang memiliki kemampuan dan keterampilan, guna kehidupan dalam bermasyarakat dan dalam pelaksanaannya, kepramukaan justru berperan sebagai faktor pendukung dalam pengembangan sekolah.. Untuk melaksanakan tujuan tersebut, kepramukaan melaksanakan pendidikan luar sekolah sebagai upaya mengembangkan kepramukaan itu sendiri.
Agar Gerakan Keramukaan dapat berjalan dengan lancar dalam sebuah pangkalan perlulah disusun sebuah program guna tercapai tujuan yang diharapkan :

          1.      Program Jangka Pendek
                                      Untuk saat ini Latihan Pramuka hanya dilaksanakan ketika akan mendekati even tertentu, semisal Pesta Siaga atau pun Jambore. Akan tetapi, setelah terdengar ada instruksi bahwa Pramuka adalah Kegiatan Ektrakulikuler  Wajib di tiap-tiap sekolah nampaklah sedikit pergerakan di tiap jum’at sore meski tidak maksimal diadakan Latihan Pramuka. Dari hambatan dan alasan diatas, setelah adanya Kursus Mahir Tingkat Dasar ( KMD ) yang kemarin dilaksanaan diharapkan kakak-kakak pembina dapat aktif kembali untuk mengadakan latihan pramuka dengan harapan peserta didik bisa lebih bertanggung jawab dan setiap siswa mengikuti latihan kepramukaan ini secara rutin dan bersemangat.
         
          2.      Program Jangka Menengah

                                      Setelah Program jangka pendek dicapai sasaran berikutnya adalah mengelompokan peserta didik anggota pramuka beradasakan usia. Untuk anak didik usia siaga membentuk barung-barung dan regu untuk anak didik penggalang. Yang nantinya dari barung dan regu tersebut bisa berjalan sesuai dengan koridornya. Sehingga dalam pembagian melatihanya lebih mudah, fokus dan terarah.inilah yang nantinya dapat dijadikan patokan atau utusan Gugus Depan dalam mengikuti Pesta Siaga atau Jambore Ranting. Terlebih untuk anak usia siaga yang merupakan bibit penerus diharapkan maksimal dalam pembelajarannya juga pelaksanaanya sehingga mampu bersaing di tingkat ranting  Pesat Siaga yang diselenggarakan tiap tahunnya.

          3.      Program Jangka Panjang

                                      Adapun program jangka panjang adalah mempersiapkan anak-anak siaga dan penggalang lebih giat dalam kegiatan kepramukaan dan siap bersaing di pentas Pesta Siaga dan Jambore Ranting dan mampu menjadi yang terbaik di Gugus Depannya.


III.      Kesimpulan.
         
                                      Setelah kita telaah dari analisa SWOT hingga Rencana Tindak Lanjut dapat kita tarik kesimpulkan bahwa sebenarnya faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya Gerakan Pramuka khususnya di lingkungan Gudep 11.28.16.005 dan 006 pangkalan SD Negeri Prupuk Selatan 03 adalah faktor internal yaitu minat dan kesungguhan dari kakak kakak pembina jika hal ini yang menjadi hambatan maka harus dikondisikan bersama dengan Kepala Sekolah selaku Ka. Mabigus untuk memberikan kesadaran bahwa Gerakan Pramuka adalah satu satunnya wadah bagi para siswa untuk pembinaan karakter bangsa dan memang semua itu harus di sokong dengan dana yang representatif, bukan hanya soal dana yang menjadi titik berat dalam tumbuh kembangnya Kepramukaan namun juga kesungguhan dari seluruh tenaga pendidik,  sehingga tujuan Gerakan Pramuka dapat terwujud.
                   Perubahan-perubahan ini tidak akan bermakna manakala tidak ada niat yang tulus dari Pelatih dan Pembina Pramuka untuk berjuang terus dan mengabdi sebagai seorang warga negara yang bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat dan tanah air. Ikhlas dalam membaktikan diri untuk terus membina bangsa dan senantiasa berbuat kebaikan, serta menepati apa yang diucapkan, inilah makna sesanti “Ikhlas Bakti Bina Bangsa Ber Budi Bawalaksana.”




                  
Prupuk Selatan, 26 Desember 2012
Pelatih Pendamping




EDI RAHARJO, S.Pd
 
Prupuk Selatan,         Desember 2012
Peserta Kursus




BAYU PERMADI

 







                                      


ACTION PLAN



                   Nama                  :    BAYU PERMADI
                   Kwarran             :    MARGASARI
                   Tujuan                :    Menjadikan Peserta Didik dan Tenaga Pendidik Cinta Pramuka.
                   Sasarannya      :    Siswa dan Guru.

NO
URAIAN
PELAKSANAAN PER BULAN
PELAKSANA
Minggu Ke 1
Minggu Ke 2
Minggu Ke 3
Minggu Ke 4
1
Pembenahan Administrasi Gugus Depan
X



Gugus Depan
2
Materi dan praktik tata upacara pembukaan latihan Siaga
X



Anggota Siaga
3
Materi dan praktik tata upacara penutupan latihan Siaga

X


Anggota Siaga
4
Materi dan Praktik tata upacara pembukaan latihan Penggalang


X

Anggota Penggalang
5
Materi dan Praktik tata upacara penutupan latihan Penggalang



X
Anggota Penggalang
6
Materi dan Praktik Senam Pramuka dan Tongkat serta gerak dasar PBB

X


Anggota Penggalang
7
Kebersihan Lingkungan Gugus Depan



X
Anggota Penggalang dan Siaga

Catatan :
Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan rutin satu minggu sekali yaitu pada hari Jum’at sore dengan pemberian materinya berdasarkan pada hitungan per minggu pada uraian tersebut hanya disebutkan secara garis besarnya saja sedangkan materi yang lain menyesuaikan dengan jadwal pertemuan.





Mengetahui
Pinsus




AGUS PRIHANTO, S.Pd.
NTA. 11.28.2004.L.G.005

 

Prupuk Selatan,        Desember 2012
Peserta Kursus




BAYU PERMADI
NTA. 11.28.16.005.000029

 
 









ACTION PLAN



                   Nama                  :    BAYU PERMADI
                   Kwarran             :    MARGASARI
                   Tujuan                :    Menjadikan Peserta Didik dan Tenaga Pendidik Cinta Pramuka.
                   Sasarannya      :    Siswa dan Guru.

NO
URAIAN
BULAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Pembenahan Administrasi Gugus Depan
X
X
X
X
X
X






2
Materi dan praktik tata upacara pembukaan latihan Siaga
X
X










3
Materi dan praktik tata upacara penutupan latihan Siaga
X
X










4
Materi dan Praktik tata upacara pembukaan latihan Penggalang


X
X








5
Materi dan Praktik tata upacara penutupan latihan Penggalang


X
X








6
Materi dan Praktik Senam Pramuka dan Senam Tongkat




X
X






7
Kebersihan Lingkungan Gugus Depan





X
X





8
Materi Sandi dan Morse







X
X



9
Materi Pionering









X
X
X
10
Gerakan Dasar PBB










X
X

Catatan :
Pelatihan diselenggarakan tiap satu minggu sekali dengan memperhitungkan hari efektif sesuai kalender pendidikan, pengembangan materi mengacu pada buku SKU dengan berpedoman pada keputusan Kwarrnas Nomor 199 Tahun 2011 tentang panduan penyelesaian Syarat Kecakapan Umum Pramuka Golongan Siaga dan Penggalang.





Mengetahui
Pinsus




AGUS PRIHANTO, S.Pd.
NTA. 11.28.2004.L.G.005

 

Prupuk Selatan,        Desember 2012
Peserta Kursus




BAYU PERMADI
NTA. 11.28.16.005.000029

 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar